10 Tips Mudah Memotivasi Diri Sendiri Saat Down

memotivasi diri

Seringkali rasa insecure atau minder terhadap sesuatu mampu membuat diri menjadi down. Saat down seseorang cenderung kehilangan motivasi diri hingga lupa akan tujuan hidup. Seseorang juga akan kesulitan menjalani kehidupan normal saat dalam kondisi down. Situasi ini normal terjadi pada semua orang dan bisa diatasi dengan menerapkan tips mudah memotivasi diri sendiri yang bisa dilakukan saat down.

Dengan menerapkan tips mudah memotivasi diri sendiri berguna untuk mengembalikan semangat dan rasa kepercayaan diri Anda. Semangat dan rasa percaya diri adalah faktor utama munculnya motivasi dalam diri.

Berikut tips mudah memotivasi diri sendiri saat down yang ampuh membangkitkan semangat.

1. Berpikir Positif

Saat dalam kondisi down, seseorang cenderung dikelilingi oleh pikiran negatif tentang dirinya. Berpikir dirinya tidak bisa, tidak cocok, atau pikiran buruk lainnya. Istirahatkan terlebih dahulu kepala Anda dari pikiran-pikiran negatif. Cobalah untuk fokus pada pikiran-pikiran positif seperti aku bisa, aku pantas, dan aku berhak. Latih terus untuk berpikir positif hingga tidak lagi merasa down.

2. Ambil Langkah Pertama

Seringkali kita sudah tahu apa yang akan dilakukan agar bisa membangkitkan kembali motivasi diri melalui pikiran dan rencana-rencana. Namun semua itu akan menjadi sia-sia jika tidak berani untuk mengambil langkah. Dorong tubuh Anda untuk ambil langkah pertama. Tidak masalah untuk ambil langkah kecil, karena langkah kecil itulah yang akan menuntun Anda ke langkah yang lebih besar.

3. Lakukan Kegiatan Positif

Kegiatan seperti mandi pagi, membaca buku, atau meminum teh hangat bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Lakukan kegiatan tersebut setiap hari mulai dari bangun tidur. Jika tubuh dan pikiran rileks pikiran juga akan terasa ringan. Selain itu akan lebih mudah mengatur pikiran saat kondisi rileks. Cobalah luangkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk sekedar mengistirahatkan tubuh dan pikiran serta sempatkan untuk olahraga.

4. Reminder Goals/Tujuan

Tips mudah memotivasi diri sendiri saat down adalah dengan mengingat kembali goal/tujuan yang sudah ditetapkan. Ingatkan secara terus menerus ketika down agar kembali tersadar dan tidak berlama-lama terpuruk. Anda dapat menempelkan catatan kecil yang berisi tujuan hidup atau keinginan Anda di tempat yang bisa dilihat setiap bangun tidur. Bisa juga berisi quotes atau kata-kata penyemangat yang bisa membangkitkan motivasi kembali.

5. Bercerita ke Teman

Ketika sedang down sebisa mungkin untuk tidak mengurung diri atau berlarut pada keterpurukan. Setelah pikiran Anda sedikit tenang cobalah untuk keluar dan bertemu dengan teman dekat Anda. Anda berbagi cerita kepada orang-orang yang memberikan dampak positif bagi Anda. Terkadang dengan berbagi cerita akan membuat perasaan lega dan ketika Anda keluar rumah Anda akan menemukan solusi tak terduga.

6. Alihkan Pikiran ke Sesuatu yang Lucu

Selain berbagi cerita ke teman dekat, Anda juga bisa mencari sesuatu yang lucu untuk mengalihkan pikiran Anda. Bisa dengan menonton video komedi di YouTube atau membaca cerita komedi. Tips mudah memotivasi diri sendiri dengan menonton video komedi ampuh untuk mengembalikan mood.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Selain melakukan kegiatan positif Anda bisa juga memenuhi nutrisi tubuh Anda dengan makanan yang sehat. Makanan sehat dapat membantu metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Selain itu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dapat menjaga kondisi tubuh Anda agar tidak jatuh sakit saat down.

8. Konsultasi ke Tenaga Profesional

Jika Anda dalam kondisi down yang berkepanjangan sebaiknya coba untuk konsultasikan ke tenaga profesional seperti psikolog. Down yang berlarut terus menerus dikhawatirkan bisa menimbulkan depresi. Terutama jika segala upaya sudah dilakukan namun tidak menunjukan perubahan yang signifikan. Dengan konsultasi ke tenaga profesional Anda bisa diarahkan dan bisa mengerti apa yang sebenarnya terjadi dengan diri Anda. Perlu diperhatikan untuk jangan mendiagnosis diri sendiri tanpa konsultasi ke tenaga profesional.

9. Lakukan Hal yang Disukai

Untuk mengembalikan mood dan semangat dalam diri Anda bisa melakukan kegiatan atau hal-hal yang Anda sukai. Misalnya menonton film genre favorit, pergi ke tempat yang disukai, makan makanan enak, makan makanan favorit atau sekadar mendengarkan lagu yang disukai. Tips mudah memotivasi diri sendiri ini ampuh untuk dilakukan.

10. Istirahat yang Cukup

Saat dalam kondisi down, tubuh cenderung lebih cepat lelah dan pusing. Segeralah beristirahat saat tubuh sudah mulai lelah. Jangan sampai memaksakan diri yang nantinya malah akan merugikan diri sendiri. Pastikan diri Anda sudah beristirahat dengan cukup

10 tips mudah memotivasi diri sendiri diatas bisa Anda coba saat dalam kondisi down. Setiap orang memang mempunyai cara tersendiri untuk memotivasi diri sendiri namun tidak ada salahnya mencoba menerapkan tips mudah memotivasi diri sendiri ini. Hal yang paling penting untuk diingat adalah senantiasa untuk berpikir positif dalam segala hal dan mengingat kembali goal/tujuan yang sudah ditetapkan.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *