Rekomendasi Tempat Wisata Malang Pilihan Penalis

tempat wisata malang


Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki puluhan destinasi wisata; dari mulai wisata pantai, museum, taman, dan destinasi unik lainnya. Dari sekian banyaknya wisata Malang, ada yang menjadi destinasi favorit, seperti tempat wajib yang harus dikunjungi jika memijakan kaki di kabupaten Arek Malang ini. Berikut adalah destinasi pilihan Penalis yang bisa kamu sambangi di Malang

Coban Rondo

coban rondo
Coban Rondo – Instagram: iw.wm

Coban Rondo berada di Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang. Selain keindahannya, akses yang mudah menjadikan Coban Rondo banyak diminati wisatawan. Kawasan wisata Coban Rondo berada di ketinggian 1135 MDPL, hal ini membuat kawasan wisata Malang ini sangat sejuk, asri, dan alam banget. Kawasan wisata Coban Rondo terbilang memiliki fasilitas yang lengkap, menawarkan beberapa wahana unik seperti Fun Tubing, Out Bound, Paint Ball, Taman Labirin, Camping Ground, penginapan, dan tracking menuju air terjun Coban Rondo. 

Air terjun Coban Rondo setinggi 84 meter, dengan debit air 90 liter per detik, dikelilingi pohon pinus yang memiliki keindahan luas. Tiket masuk kawasan Coban Rondo Rp15.000 dan untuk menikmati fasilitas lain dikenakan biaya lagi kisaran Rp5.000 hingga Rp450.000.

 Taman Wisata Selecta

taman wisata selecta
Taman Wisata Selecta – Instagram: cintyapermataasri

Taman Wisata Selecta mengusung konsep taman yang berisi berbagai macam bunga. Taman yang dibangun sejak 1920 hingga 1928 ini, berasal dari bahasa Belanda “selectie” yang berarti pilihan. Lokasinya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Dengan luas tanah 18 hektar, di Taman Wisata Selecta berdiri berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, taman bunga, tempat menunggang kuda, perahu ayun, sepeda langit, dan biskop 4D.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Taman Wisata Selecta, satu hal yang tidak boleh dilakukan ialah memetik bunga. Tempat wisata Malang anti mainstream yang mempunyai keunikan sendiri. Jam operasionalnya sejak pukul 06.00 sampai dengan 17.00. Tiket masuknya hanya Rp20.000 saja.

Jawa Timur Park

jawa timur park
Jawa Timur Park – Instagram: oct_meocha

Mengusung tema taman wisata belajar, Jatim Park menawarkan banyak wahana menarik. Awalnya hanya ada Jawa Timur Park 1, tapi sekarang sudah ada Jatim Park 2 dan Jatim Park 3. Dari masing-masing Jatim Park, memiliki ciri khas wahana dan pesonanya masing-masing.

Jatim Park 1 Mengusung tema bermain, banyak wahana yang menantang adrenalin seperti kolam renang raksasa, spinning coaster, dan juga drop zone.

Jatim Park 2 identik dengan wisata ilmu alam, pembelajaran satwa dengan melihat hewan-hewan biologis, bisa disebut kebun binatang. Anda bisa berjalan-jalan sambil mengenalkan hewan-hewan kepada anak dan keluarga.

Jatim Park 3 mengusung tema Dino atau disebut Dino Park. Wahana-wahana di Dino Park bertema Dinosaurus. 

Museum Angkut

museum angkut
Museum Angkut – Instagram: shannonagatha

Museum angkut tergolong museum transportasi dan tempat wisata modern yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. Memiliki lebih dari 300 koleksi alat transportasi, dari yang tradisional hinggal modern. Berwisata ke museum angkut, kamu dapat melihat transformasi alat transportasi yang ada di Indonesia sejak jaman penjajahan hingga era global seperti sekarang ini.

Tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia, sejak tahun 2014 museum angkut lahir sebagai sarana edukasi bermain yang bersinergi dengan seni budaya Indonesia. Tiket masuk ke Meseum Angkut Rp60.000, sebuah harga yang pas untuk pengalaman berharga yang bisa kamu dapatkan.

Agro Tawon Rimba Raya

agro tawon rimba raya
Argo Tawon Rimba Raya – Instagram: aprinia_dn

Kalian pasti mengenal lebah. Nah, tawon adalah saudaranya lebah. Banyak yang mengira tawon dan lebah adalah hewan yang sama, padahal berbeda, loh.

Agro Tawon adalah tempat wisata Malang yang edukatif berbasis peternakan hewan penghasil madu yaitu lebah.  Berada di atas lahan seluas 3 hektar, Argo Tawon ditumbuhi banyak pohon yang menjadi tempat lebah bersarang seperti pohon kapuk randu, kayu putih, jeruk, kelengkeng, sawo dan lainnya.

Di Argo Tawon, kamu dapat melihat proses memanen atau memetik madu. Bisa juga mencoba sendiri memanen madu di sarang lebah. Menarik, bukan?

Setelah memanen madu, pastinya kamu bisa mencoba produk-produk yang dihasilkan oleh Agro Tawon. Seperti es madu, jus madu, dan lain sebagainya sejenis berbagai olahan madu. Untuk berkunjung ke Argo Tawon, kamu tidak dikenakan biaya. Namun, jika rombongan kamu terlalu ramai, sebaiknya kamu reservasi seminggu sebelum kedatangan. Waktu yang baik berwisata ke Argo Tawon yaitu saat musim kemarau, agar tidak kehujanan.

Kawah ijen

kawah ijen
Kawah Ijen – Instagram: dindamaulinaaa

Ijen adalah gunung berapi yang berada di perbatasan kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Hal yang menarik dari Kawah Ijen adalah fenomena “blue fire”. Api biru abadi yang berada di kawah puncak Gunung Ijen. Fenomena blue fire hanya terjadi di dua tempat, yaitu Ijen dan satunya lagi di Gunung Dallol, negara Etiopia.

Untuk menuju Kawah Ijen, kamu harus mendaki Gunung Ijen, lalu turun ke kawah. Total panjang perjalanan kurang lebih 3.8 km dengan medan yang mendaki, kemudian menurun ketika hendak menuju kawah. Pendakian dimulai dari Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen di Paltuding.

Gunung Bromo

gunung bromo
Gunung Bromo – Instagram: dolan.malang

Gunung Bromo masuk kedalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo memiliki lautan pasir yang sebenarnya adalah kaledra berdiameter 8-10 km, dinding kaldera mengelilingi lautan pasir yang berada di kaki Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Kursi, dan Gunung Widodaren.

Untuk menuju Gunung Bromo, ada beberapa jalur, yang pertama lewat Desa Tosari – Wonokitri menuju Cemoro Lawang. Bisa juga lewat Tumpang, naik Jeep menyusuri desa Gubuk Klakah dan Desa Ngadas Untuk sampai ke Jemplang.

Cemoro Lawang dan Jemplang adalah batas lautan pasir. Dari batas tersebut perjalanan dilanjutkan dengan kuda atau jeep atau berjalan kaki menuju Gunung Bromo.

Itulah destinasi wisata Malang pilihan penalis. Begitu kaya wisata indonesia, sempatkanlah setidaknya satu kali dalam hidupmu menyambanginya. Salam lestari.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *