Renovasi rumah kini lebih mudah bersama pinjaman KTA. Salah satu bagian rumah yang dapat dimaksimalkan yaitu loteng. Berbeda dengan negara empat musim, loteng di Indonesia kerap diabaikan dan hanya menjadi sarang laba-laba.

Loteng pada umumnya berbentuk segitiga. Namun, kini bentuk loteng kian beragam seiring dengan gaya rumah yang berubah. Bagian rumah ini ternyata dapat difungsikan dengan lebih maksimal, lho!

loteng kamar
Sumber: https://www.pexels.com/photo/green-bedspread-1879061/

Ada banyak ide desain menyulap loteng menjadi ruang fungsional. Apa saja itu? Mari simak selengkapnya di sini!

5 Ide Manfaatkan Loteng di Rumah, Dukung Renovasi dengan Pinjaman KTA

Loteng merupakan bagian teratas rumah. Daripada dibiarkan kosong, kamu bisa mendesain loteng menjadi tempat yang berguna. Tenang saja, berikut kami rangkum desain loteng yang bisa kamu jadikan acuan!

Loteng sebagai Ruang Kerja

Ruang kerja adalah ruang yang harus berlokasi lebih privat. Hal ini cocok dengan lokasi loteng yang jauh dari bagian ruang rumah lainnya. Memfungsikan loteng menjadi tempat kerja bahkan bisa memberikan kenyamanan lebih.

Selain lebih terisolasi, kamu juga bisa mengerjakan pekerjaan dengan fokus. Area ini juga tidak mudah dijangkau orang lain, terutama anak-anak. Dalam mendesainnya, kamu perlu memperhatikan penataan perabot yang baik.

Pemilihan meja, rak, dan kursi harus disesuaikan dengan luas dan kebutuhan. Dengan begitu, ruang ini siap mendukung kegiatan kerja kamu di rumah!

Fungsikan untuk Area Me Time seperti Perpustakaan

Loteng bisa menjadi tempat paling nyaman di rumah jika didesain dengan baik. Salah satu ide memfungsikan loteng yaitu menjadikannya sebagai perpustakaan pribadi. Kamu bisa menyimpan berbagai buku favorit dengan aman di sini.

Tentunya, ukuran rak harus disesuaikan, mengingat ukuran setiap loteng berbeda. Kamu mungkin memerlukan beberapa custom furniture agar sesuai dengan luasan ruang. Dengan menambahkan meja dan kursi yang nyaman, ruang ini bisa menjadi spot favorit di rumah.

Dalam mendesain loteng menjadi perpustakaan, diperlukan pencahayaan yang baik. Kamu bisa memilih warna furnitur dan cat yang cerah. Selain itu, kamu bisa menerapkan skylight agar area loteng tidak lembab.

Kamar Tidur Tambahan? Why Not?

Inspirasi selanjutnya yaitu menjadikan loteng sebagai kamar tidur tambahan. Ide ini cocok diterapkan terutama jika kamu membutuhkan ruang tidur lebih di rumah. Dengan permainan warna dan furnitur, kamu bisa memiliki ruang tidur nyaman dan cozy.

Selain itu, loteng memang cocok untuk menjadi kamar tidur karena memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Desain kamar tidur dapat dirancang dengan lebih simpel. Jangan lupa untuk memasukkan perabotan minimalis untuk mendukung kenyamanan.

Sebagai Storage Fungsional

Salah satu ide paling marak untuk memfungsikan loteng yaitu menggunakannya sebagai ruang penyimpanan. Meski sebagai storage, desain loteng juga harus diperhatikan. Banyak loteng menjadi berantakan dan kotor karena tata letak penyimpanan yang sembarangan.

Kamu bisa menempatkan beberapa rak minimalis untuk menyimpan barang. Selain itu, rak hingga lemari gantung juga perlu dipersiapkan. Jika semua storage lengkap, kamu bisa menyusun barang dengan rapi.

Perhatikan pula peletakkan rak. Pastikan setiap sudut ruangan masih bisa dibersihkan dengan mudah. Hal ini penting agar loteng tetap terawat dan rapi. Selain itu, kamu juga bisa memenuhi furnitur dengan dukungan pinjaman online KTA.

Fungsikan sebagai Wardrobe

Kamar tidur tidak terlalu luas? Kamu bisa memfungsikan loteng sebagai wardrobe. Di sini, kamu bisa menyimpan koleksi tas, baju, hingga sepatu. Tentu saja, setiap barang harus dikelompokkan agar tampilan tetap rapi.

Agar kesan ruangan lebih luas, kamu bisa menambahkan cermin di loteng. Hal ini juga membantumu untuk memilih pakaian. Selain itu, pastikan juga pencahayaan terang dan ruangan rajib dibersihkan.

Beberapa ide di atas bisa menjadi pilihan tepat untuk memfungsikan loteng. Ruang ini memang serbaguna jika didesain dengan tepat. Kamu pun bisa berkreasi sembari memiliki ruang baru yang fungsional dalam rumah.

renovasi loteng
Sumber: https://www.pexels.com/photo/interior-of-bedroom-with-wooden-furniture-6903206/

3 Pertimbangan Renovasi Loteng

Sebelum melakukan renovasi loteng, kamu juga memerlukan pertimbangan yang matang. Hal ini agar inovasi berjalan dengan maksimal.

Perhatikan Keselamatan Bangunan

Keselamatan dan kode bangunan perlu diperhatikan jika loteng akan difungsikan sebagai ruang hidup. Salah satunya yaitu persyaratan lantai hingga plafon minimum. Selain itu, kamu juga perlu memperbaiki akses seperti tangga agar sesuai keamanan dan kenyamanan.

Siapkan Instalasi AC dan Listrik

Listrik hingga instalasi AC haruslah diperluas menuju loteng. Dalam hal ini, kamu perlu berkonsultasi dengan ahli listrik dan tukang ledeng yang berpengalaman. Pastikan konfigurasi listrik aman dan rapi.

Miliki Dana Renovasi yang Memadai

Selanjutnya, pertimbangan paling penting yaitu dana yang memadai. Dana renovasi berperan penting agar desain loteng dapat terealisasi dengan sempurna. Terlebih, jika loteng masih berupa area kosong tanpa akses, listrik, bahkan pendingin ruangan.

Beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbangan ketika mendesain loteng menjadi ruang dengan fungsi baru. Jadi, jangan sampai salah perhitungan, ya!

Ada banyak ide desain loteng yang bisa kamu tiru di rumah. Setiap desain tersebut bisa direncanakan sesuai preferensi kamu. Nah, apabila kamu ingin memaksimalkan fungsi loteng, maka persiapkan dana yang memadai.

Terkait dana, kamu bisa mengandalkan pinjaman KTA yang tepat. Sebagai rekomendasi, digibank KTA bisa kamu pilih karena ada banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan untukmu.

Pinjaman online KTA ini memiliki limit dana yang bisa dicairkan hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Apply bisa dilakukan tanpa perlu melampirkan dokumen fisik. Selain itu, cicilan dapat kamu lakukan sampai 36 bulan.

Jadi, tunggu apalagi? Mari dukung renovasi rumah bersama digibank KTA! Pelajari syarat dan tata cara pengajuan pinjaman KTA di sini!

Shares: